Jakarta-Humas BKN,  Pelaksanaan tes kepegawaian berbasis komputer (Computer Assisted Test-CAT)  merupakan salah satu Quick Win (layanan unggulan) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai instansi pemerintah. Dengan menggunakan CAT, penilaian terhadap hasil tes dilakukan secara obyektif dan cepat melalui aplikasi komputer yang digunakan. Para peserta pun menjawab pertanyaan yang ada hanya dengan mengklik mouse dan dapat memantau waktu yang tersedia di layar monitor setiap saat. Informasi ini disampaikan  Kepala Seksi Standarisasi Rekrutmen dan Seleksi Porman Simatupang saat memberikan arahan kepada para peserta Diklat Analis Kepegawaian Keahlian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat  di Ruang CAT  lantai 6 gedung III BKN Pusat Jakarta, Rabu (23/2).

Porman Simatupang menjelaskan bahwa tes ini adalah salah satu aspek penilaian terhadap peserta Diklat Analis Kepegawaian Keahlian. Dalam tes dengan CAT ini, para peserta  mengerjakan 100 soal dalam waktu 60 menit. Ada pun materi yang diujikan terhadap meliputi: tes pengetahuan umum, tes kompetensi kepegawaian, dan tes skala kematangan. Dengan berbagai karakteristik dan keunggulannya, CAT memberikan standarisasi hasil ujian dan pelaporan hasil ujian.

Diklat yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah  Pemprov  Jawa Barat ini difasilitasi oleh Pusdiklat Kepegawaian BKN.  Diklat ini diikuti oleh 19 peserta dan dilaksanakan 12-28 Februari 2012 di Kampus Badan Diklat Daerah Jawa Barat. (aman-kiswanto)

Sumber: www.bkn.go.id

  • Index Berita