Jakarta-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) perlu bersiap menghadapi berbagai tantangan dan perubahan strategis. Salah satu upaya tersebut adalah dengan pemanfaatan Computer Assisted Test yang merupakan salah satu Quick Wins (layanan unggulan) BKN terhadap masyarakat. Arahan ini diberikan Kepala BKN Eko Sutrisno saat Koordinasi Fasilitasi CAT di Ruang Rapat lantai 2 gedung II BKN Pusat Jakarta,Selasa (24/7). Ikut hadir dalam kegiatan ini Wakil Kepala Bima Haria Wibisana dan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS Aris Windianto.

Eko Sutrisno lalu menegaskan bahwa CAT tidak hanya digunakan untuk proses penerimaan CPNS jalur umum yang dimulai tahun ini, tapi juga untuk keperluan kepegawaian lainnya seperti untuk ujian dinas, diklat, dan lainnya. Pada konteks ini, 12 kantor regional (kanreg) BKN berperan penting dalam mengoptimalkan station CAT guna melayani berbagai instansi pemerintah daerah yang ada di masing-masing wilayah kerjanya.”Dengan demikian, BKN pun berusaha membangun kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah,”jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bima Haria Wibisana menekankan bahwa modernisasi instansi pemerintah dengan pemanfaatan teknologi informasi merupakan tuntutan masyarakat dan kebutuhan bagi instansi itu sendiri. Untuk itu, melalui CAT, BKN telah melakukan inovasi dalam proses rekrutmen CPNS dan kepentingan kepegawaian lainnya. “CAT terbukti menyajikan hasil tes yang obyektif, cepat, transparan, dan terpercaya”ucapnya.

Sementara, Aris Windianto melaporkan bahwa kegiatan yang diikuti oleh 27 pegawai dari 12 kanreg dan Biro Kepegawaian BKN ini berlangsung Selasa-Rabu (24-25/7). Tujuan kegiatan ini antara lain adalah untuk pelatihan penyusunan dan pengembangan soal, serta upaya penguatan peran CAT di kanreg-kanreg BKN. (aman-tawur)

Sumber: www.bkn.go.id

  • Index Berita